Tips keren seputar dunia dapur


Telur
  1. Agar telur sebus tidak susah di kupas, jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut baru matang/masih panas.
  2. Untuk mengetahui telur busuk atau tidak gunakan tes apung dengan air, jika mengapung di atas air itu tandanya telur sudah busuk dan sebaliknya.

Cabe
     Agar cabe tidak meletup-letup saat kita goreng, jangan lupa tusuk atau lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum di goreng atau bisa juga di potong jadi dua.




Tahu
     Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan ke dalam kulkas, dalam proses ini bisa bertahan dalam satu minggu.





Sayuran
     Jika menyimpan sayuran dalam kulkas jangan pakai tas kresek, tapi gunakan koran atau jenis kertas lainnya. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayuran cepat busuk.



Menghilangkan bau dalam kulkas

     Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di sudut-suduk dalam kulkas. Kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.







Ikan
     Agar ikan tidak lengket di penggorengan gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau sering di pakai untuk menumis. Sebab sudah pasti ikan akan lengket dan hancur ketika di balik, bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum di tuang minyak.
Bisa juga dengan menambahkan minyak yang banyak agar saat ikan di goreng terendam minyak semua. Tapi cara ini sangat akan banyak menggunakan minyak goreng.


Bawang
     Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam di samping talenan, cara ini ampuh menghindarkan mata dari rasa pedih.








Beras
     Agar beras tidak di kunjungi kutu, letakan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi, jadi dia tidak akan berani datang ke beras.






 ( Baca juga tips menghilangkan bau bawang di tangan )

 ( Baca juga resep candil ketan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat sirup nangka

MEMBUAT SIRUP NANAS

cara membuat manisan pepaya