cara membuat manisan pepaya

    
         Manisan buah adalah buah yang di awetkan dengan gula. Pemberian gula di lakukan dengan kadar tinggi, selain untuk memberikan rasa manis juga bertujuan sebagai pengawet untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme yang menyebabkan buah cepat membusuk. Dalam proses pembuatan manisan buah ini juga biasa menggunakan garam dan air kapur untuk mempertahankan bentuk atau tekstur buah serta menghilangkan rasa gatal dab getir. Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang di gunakan untuk bahan manisan. Seperti umumnya manisan pepaya basah dan kering, untuk membuatnya gunakanlah pepaya yang setengah matang jangan gunakan yang udah matang atau masak. Berikutnya kita bahas cara membuatnya, persiapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan-bahannya :
  1. Pepaya setengah matang 1 buah
  2. Air kapur sirih    2 liter
  3. Gula pasir  1/2 kg
  4. Air bersih 2 liter
  5. Citrun zuur 10 gram (1 sendok teh)
  6. Esense frambozen  4 cc (2 sendok teh)

Cara membuatnya :
  • Pepaya di kupas lalu di potong-potong sesuka hati.
  • Setelah di kupas dan di iris-iris lalu rendam dalam air kapur sirih selama 2 jam.
  • Kemudian angkat dan cuci dengan air ang mengalir untuk menghilangkan kapur yang masih menempel di buah pepaya.
  • Setelah itu rebus dengan air 2 liter, kemudian masukan satu persatu gula pasir 1/2 kg, citrun zuur 10 gram dan frambozen 4 cc sambil di aduk-aduk.
  • Setelah sudah 1 1/2 jam atau membuih turunkan dari atas api, bila ingin manisan basah langkah ini sudah jadi, kalau ingin manisan kering tinggal jemur di bawah sinar matahari. Kalau sinar matahari bagus cerah cukup 1 hari sudah kering bila musim hujan gunakan oven untuk mempercepat pengeringan.
  • Langkah selanjutnya kalo ingin di pasarkan masukan dalam toples yang cantik lalu tinggal beri nama atau merek dagang pada toplesnya. Selamat memcoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat sirup nangka

MEMBUAT SIRUP NANAS