membuat sirup nangka



     Cara membuat sirup nangka sama dengan membuat sirup jeruk yang pernah saya bahas kemaren. Kalau kita ingin membuat sirup nangka carilah nangka yang udah masak dan buahnya yang besar. Kenapa harus cari yang besar karna kemungkinan besar nangka ini sudah tua atau benar-benar masak sehingga rasa dari nangka itu sangat manis. Kalau kita ingin membuatnya kita persiapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan-bahannya :
  1. Nangka yang sudah masak 1/4 kg
  2. Air bersih 1/4 liter
  3. Gula pasir 1/2 kg
  4. Asam citrun / citrun zuur 10 gram ( 1 sendok makan)
  5. Pewarna makanan   secukpunya
  6. Esense nangka  5 cc

Cara membuatnya :
  • Nangka di rebus dengan air 1/2 liter sampai masak dan lunak betul, sebelum di rebus buang dulu biji-bijinya. Kalau sudah lunak turunkan dari atas api.
  • Kemudian kalau sudah dingin di remas-remas dan di peras airnya dengan kain halus. untuk mendapatkan air sari dari nangka.
  • Gula pasir dan asam citrun di masukan dalam air nangka hasil perasan tadi, lalu rebus sampai hancur dan sambil di aduk-aduk sampai mendidih atau membuih. Kalau sudah hancur turunkan dari atas api.
  • Pewarna makanan dan esense nangka di masukan dalam sari nangka yang sudah kita rebus tadi sambil di aduk-aduk. Selanjutnya kita saring menggunakan kain yang halus dan masukan ke dalam botol. Bila ingin di perjual belikan tinggal beri label atau merek dagang, nah mudah kan.  Baca juga cara membuat sirup jeruk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT SIRUP NANAS

cara membuat manisan pepaya