Tips sederhana menyimpan tomat agar awet tahan lama

   Tomat memiliki banyak nutrisi yang sayang jika di biarkan membusuk di dapur. Jika kamu kebetulan banyak membeli buah tomat dan takut busuk, berikut cara terbaik untuk menyimpannya agar tahan lam :
  • Mencegah agar buah tomat tidak mudah busuk, jangan memetik atau membuang bagian pangkal tomat yang di tutupi tangkainya yang hijau. Memetiknya hanya akan membuat buah tomat cepat busuk karena sama dengan ''melukai'' tomat, sehingga bakteri mudah masuk dan berkembang biak sehingga buah tomat cepat membusuk.  
  • Jangan di simpan di dalam kulkas buah tomat sebaiknya tak usah di simpan di dalam kulkas sama sekali, karena kelembaban di dalam kulkas justru bisa membuat buah tomat cepat membusuk. Sebaiknya simpan buah tomat di wadah terbuka dan sejuk jangan sampai terkena sinar matahari, atau lapisi buah tomat dengan kertas pada bagian bawah wadah. Biarkan buah tomat di angin-anginkan sehingga memperlambat proses kematangan tomat.
  • Simpan tomat denga posisi terbalik. Dengan menyimpan tomat dengan posisi terbalik, hal itu akan mengurangi proses oksidasi sehingga buah tomat terlindung dari udara sekitarnya. Jangan lupa menempatkan pada wadah yang terbuka, karena ternyata buah tomat sendiri mampu menghasilkan suhu hangat di sekitarnya secara alami.
  • Simpan tomat di suhu ruangan. Letakan tomat pada wadah yang terbuka dan lapisi bagian bawahnya dengan kertas untuk menjaga suhu di dalam wadah tetap stabil.    
  •       BACA JUGA CARA MEMBUAT ES CRIM PISANG BUAH NAGA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat sirup nangka

MEMBUAT SIRUP NANAS

cara membuat manisan pepaya