membuat sirup blimbing



      Setiap orang pasti ada yang suka makan buah bahkan ada yang tidak suka makan buah. Apalagi buah blimbing yang rasanya ada yang manis ada juga yang asam, pastinya yang suka makan buah-buahan kalo sedang makan buah blimbing ini pasti ada sensasinya tersendiri. Kenapa ada sensasinya tersendiri, karena rasa buah ini manis dan sedikit asam. Bagi yang tidak suka makan buah pasti buah ini akan segera di singkirkan. Bagaimana cara agar kalian yang tidak suka makan buah blimbing ini menjadi suka yaitu dengan cara membuatnya menjadi minuman seperti sirup. Nah kali ini saya akan memberi tips cara membuat minuman segar yaitu sirup blimbing. Sebelumnya persiapkan duli bahan-bahannya

Bahan-bahannya :
  1. Blimbing yang udah masak 1/2 kg
  2. Air bersih 1/4 liter
  3. Gula pasir 1/2 kg
  4. Asam citrun / citrun zuur 10 gram ( 1 sendok makan)
  5. Kesumba hijau secukupnya
  6. Esense blimbing / vanili 5 cc

Cara membuatnya :
  • Blimbing di parut satu persatu atau juga bisa di blender
  • Parutan blimbing di remas-remas dengan di tambah air 2/4 liter, langakah selanjutnya di saring dengan kain halur untuk mengambil sari buahnya. Kita ambil sari buahnya saja ampasnya bisa kita mamfaatkan untuk pupuk tanaman.
  • Gula pasir dan asam citrun di masukan ke dalam air blimbing terus di rebus sampai hancur, jangan lupa sambil di aduk-aduk sampai mendidih atau membuih. Setelah itu turunkan dari atas api.
  • Langkah selanjutnya kesumba hijau dan esense blimbing di masukan sekaligus dalam sirup yang masih panas tadi, dan sambil di aduk-aduk
  • Yang terakhir di saring menggunakan kain yang tipis agar bersih, setelah di saring tinggal masukan kedalam botol, kalau ingin di pasarkan tinggal memberi nama label atau merek dagang. 
  • Cara membuatnya seperti biasanya saat kita membeli sirup-sirup di super market, ambillah dua sendok lalu masukan ke dalam gelas dan tambahkan air secukupnya, kalau ingin lebih segar tinggal di beri es batu. Nah mudahkan cara membutnya selamat mencoba. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat sirup nangka

MEMBUAT SIRUP NANAS

cara membuat manisan pepaya