membuat sirup sirsat



      Kali ini selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat sirup sirsat. Kenapa di jadikan sirup, karena praktis dan bisa di bawa ke mana-mana dan bisa menyegarkan dehaga di siang hari. Sebelum membuat sirup sirsat pertama siapkan bahan-bahannya, bahan yang utama yaitu buah sirsat. Berikut bahan-bahan yang perlu di siapkan adalah.

Bahan-bahannya :
1 buah sirsat yang udah masak
1/2 liter air bersih
1/2 kg gula pasir
10 gram atau setengah sendok makan asam citrun
kesumba kuning secukupnya
5 cc atau setengah sendok makan esense sirsat
1 butir putih telur ayam

Cara membuatnya :
  • Sirsat 1 buah di kupas kulitnya dicampur air terus di remas-remas dengan tangan di dalam panci, kemudian di saring dan rebus sampai hancur semuanya.
  • Gula pasir dan asam citrun dimasukan dalam air perasan sirsat tersebut di rebus sampai hancur semuanya.
  • Kalau sudah hancur semuanya, turunkan dari atas api, lalu masukan kesumba kuning,esense sirsat,putih telur ayam di masukan sekaligus.
  • Yang terakhir di saring dengan kain yang tipis dan di lapisi dengan kapuk kapas, seperti halnya membuat sirup nanas yang saya bahas kemarin, terus di masukan dalam botol. Kalau ingin di minum ambil 2 atau 3 sendok makan sirup sirsat tersebut masukan ke dalam gelas campur dengan air masak dan tinggal tambah es batu. Kalau ingin di perjual belikan tinggal masukan ke botol lalu tinggal beri label dagang atau nama merek dagang, nah mudahkan.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat sirup nangka

MEMBUAT SIRUP NANAS

cara membuat manisan pepaya